iBank application
 
ANCAMAN YANG MUNGKIN TERJADI DALAM BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN FASILITAS INTERNET BANKING BANK SINARMAS
Untuk memberikan layanan yang terbaik, memberikan rasa aman dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia pada dasarnya sistem maupun jaringan Internet Banking Bank Sinarmas telah menggunakan pengamanan yang seoptimal mungkin.
Namun, ancaman juga dialami oleh semua pengguna internet termasuk pengguna Internet Banking Bank Sinarmas. Dibawah ini kami berikan beberapa jenis ancaman yang mungkin anda temui ketika menggunakan fasilitas internet berikut langka pencegahannya.
1. Phising.
  Adalah cara-cara penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan informasi rahasia seorang nasabah seperti Username dan Password. Diantaranya :
Berpura-pura sebagai seseorang dari pihak bank dan meminta data-data nasabah dengan alasan-alasan tertentu.
Mengirim email yang berisi login screen dan meminta nasabah melakukan login dengan memasukkan Username dan Password.
  Untuk menghindarinya anda diharapkan agar berhati-hati bila mendapatkan email yang memiliki alamat yang mirip dengan alamat Internet banking Bank Sinarmas. Selain itu Bank Sinarmas tidak pernah menggunakan alamat email pribadi untuk urusan dengan nasabah. Alamat email yang digunakan untuk berhubungan dengan nasabah adalah care@banksinarmas.com . Jika anda mendapatkan email yang berasal dari orang yang mengaku sebagai pegawai Bank Sinarmas, segera dihapus dan jangan dihiraukan.
2. Virus / Worm.
  Virus Komputer adalah program-program komputer yang dibuat dengan tujuan-tujuan tertentu. Pada umumnya virus merusak sistem operasi, aplikasi dan data di komputer yang terinfeksi. Virus dapat menyebar melalui banyak media, antara lain : e-mail, disket, CD, USB drive, Flash memory, program dari internet, maupun jaringan, dan juga dari halaman situs yang ’jahat’.
Beberapa contoh dampak dari infeksi virus:
Komputer menjadi tidak stabil dan sering ‘hang’ (macet).
Komputer manjadi lambat.
Data di harddisk terhapus.
Program aplikasi tidak dapat digunakan.
  Yang mirip dengan virus adalah Worm yang dibuat untuk dapat menyebar dengan cepat ke banyak komputer. Walaupun umumnya worm tidak menimbulkan kerusakan seperti virus, namun worm dapat digunakan untuk membawa berbagai macam muatan/attachment termasuk yang berbahaya. Untuk menghindarinya ikuti langkah-langkah berikut.
Gunakan anti-virus yang ter-update di komputer anda, dan pastikan bahwa komputer anda di-scan secara real-time.
Banyak virus yang menyebar melalui e-mail, sehingga anda harus lebih hati-hati pada waktu menerima e-mail. Hapus e-mail yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan selalu scan e-mail attachment sebelum dibuka.
Sebaiknya Anda tidak mengakses atau bahkan mendownload file/program-program di internet dari situs yang tidak dikenal/tidak dapat diyakini keabsahannya.
Scan file-file yang berasal dari disket, CD maupun USB drive yang Anda terima.
Pastikan bahwa sistem operasi maupun aplikasi di komputer Anda sudah dilindungi dengan sistem anti virus terkini.
3. Spyware.
  Spyware adalah sejenis virus komputer yang diprogram untuk ’mencuri’ secara diam-diam informasi-informasi penting/pribadi dari komputer yang terinfeksi dan mengirimnya ke lokasi tertentu di internet untuk kemudian digunakan oleh pembuatnya untuk tujuan tujuan yang merugikan pemilik informasi penting tersebut. Informasi yang menjadi target utama contohnya: nomor kartu kredit, Username dan Password, nomor rekening, alamat e-mail, dan lain-lain. Spyware dapat terinstall melalui e-mail attachment, program yang diinstall dari sumber-sumber yang tidak jelas, ataupun oleh web site yang ’jahat’. Untuk mengatasinya anda dapat mengikuti langkah-langkah pengamanan untuk mengatasi virus atau worm.
4. Bot (roBot)
  Bot adalah sejenis komputer program yang apabila terinstal di PC Anda, dapat menyebabkan PC Anda dikontrol oleh orang lain secara remote melalui jaringan. Sang pembuat/penyebar Bot akan dapat melakukan apa saja dengan PC Anda. Umumnya PC-PC yang telah terkontrol (dikenal sebagai Botnet) digunakan untuk mengirim SPAM, Virus, Worm atau untuk menyerang komputer-komputer lain yang terkoneksi ke jaringan. Untuk mengatasinya anda dapat mengikuti langkah-langkah pengamanan untuk mengatasi virus atau worm.
  «Home  
 
 
© 2006 Sinarmas Bank. All Rights Reserved