Finansial

5 Hal yang Seharusnya Sudah Kamu Capai Saat Berumur 25 Tahun

5 Hal yang Seharusnya Sudah Kamu Capai Saat Berumur 25 Tahun 2

Menjadi tua itu pasti, namun menjadi dewasa adalah pilihan. Kalimat seperti ini pasti sering kamu dengar, terutama bagi yang sudah berusia 25 tahunan ke atas.

Diusia itu memang cukup krusial dalam menentukan arah hidup. Apakah kamu ingin terus bersenang-senang seperti masa-masa kuliah, atau sudah mulai memikirkan bagaimana caranya menatap kehidupan agar bisa mandiri diusia 30-an nanti. Semua keputusan ada di tanganmu.

Berikut adalah daftar lima hal yang seharusnya sudah kamu capai sebelum usia 25 tahun. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya.

1. Jalan-jalan Sendiri

Sudah bukan waktunya lagi untuk ogah jalan-jalan tanpa ada teman. Justru dengan bepergian ke mana-mana sendirian, kamu bakal jauh lebih mandiri dan belajar menjadi pribadi yang lebih dewasa.

2. Hidup Sendiri

Hidup bersama orang tua memang nyaman. Namun di usia 25 harusnya kamu sudah mulai belajar hidup mandiri. Entah dengan menyewa apartemen sendiri, atau pergi bekerja maupun kuliah di luar kota.

3. Menjaga Kesehatan

Hidup sendiri bisa jadi pengalaman yang sulit. Apalagi jika sakit tidak akan ada saudara atau orang tua siap membantu. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.

 4. Ambil Pekerjaan Lebih Menantang

Di dunia ini tidak ada pekerjaan yang benar-benar sempurna. Kamu harus mengambil risiko untuk menerima tawaran yang lebih menantang. Apapun yang terjadi, hal tersebut akan menambah pengalaman dan membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan juga termasuk hal yang serius. Meski sudah punya pekerjaan atau penghasilan, jangan sampai terlalu teledor dalam mengaturnya. Menggantungkan diri pada orang tua bukanlah keputusan yang bijak.

Kartu Kredit dan Deposito di Usia Muda, Mengapa Tidak?

5 Hal yang Seharusnya Sudah Kamu Capai Saat Berumur 25 Tahun

Kartu kredit di usia muda via moneyunder30

Salah satu cara praktis yang bisa kamu lakukan dalam mengatur keuangan adalah memiliki kartu kredit dan deposito. Tak perlu kaget mendengarnya, karena meski terdengar serius, dua produk keuangan bank tersebut sebenarnya cocok sekali untuk para anak muda, terutama mereka yang berusia 25-an.

Kartu kredit memang sering jadi momok bagi sejumlah orang. Namun jika tahu cara menggunakannya, kartu kredit bisa menjadi sahabat keuangan yang baik dan bahkan menghemat anggaran belanja. Ada beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan, salah satunya promo cashback empat sampai lima persen, yang biasanya diberikan bank ketika kamu belanja. Keuntungan lainnya adalah diskon alias potongan harga. Banyak merchant biasanya memberikan potongan harga khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu.

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah kebebasan memeriksa statement kartu kredit. Dengan demikian, kamu bisa mendapat gambaran seperti apa kebiasaan belanjamu dalam sebulan, hingga akhirnya bisa lebih baik lagi dalam mengatur keuangan.

Manfaat Deposito untuk Anak Muda

5 Hal yang Seharusnya Sudah Kamu Capai Saat Berumur 25 Tahun -3

Selain memiliki kartu kredit kamu juga bisa lebih bijak mengatur keuangan dengan mengikuti deposito. Selama ini banyak yang malas mendaftar karena butuh waktu lama untuk merasakan hasilnya. Namun ternyata, deposito bisa membuat kamu kaya mendadak, lho.

  1. Resiko rendah. Dibanding dengan investasi lainnya, seperti saham atau mata uang asing, risiko investasi lewat deposito jauh lebih rendah. Bunganya juga cenderung stabil. Cocok banget untuk kamu yang ingin berinvestasi dengan risiko minim.
  2. Bunga berbunga. Bunga yang didapat dari deposito akan masuk perhitungan bunga di bulan berikutnya.

Itulah tadi beberapa tips untuk kamu yang ingin mencapai kemapanan hidup dan finansial di usia 25-an. Sudah semakin terinspirasi untuk menjadi lebih baik?

 

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan