Lifestyle

Tips Tetap Semangat Kerja di Bulan Puasa

tipsemangat

Berpuasa sembari bekerja tentu bukan hal mudah. Menahan lapar dan haus seharian membuat daya konsentrasi menurun dan ujung-ujungnya bisa mengurangi produktivitas.

Namun jika kita tahu cara menyiasatinya, bekerja di bulan Ramadan bukan sesuatu yang terlalu sulit, kok. Apalagi banyak kantor yang memangkas jam kerja selama bulan puasa. Penasaran? Yuk, kita simak serangkaian tips agar kamu tetap semangat kerja saat puasa.

1. Gunakan Jam Istirahat dengan Baik

Selama Ramadan perusahaan biasanya memberikan jam istirahat lebih longgar untuk sholat. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk melemaskan otot atau rehat sejenak dari kesibukan. Jika memang bisa, bisa juga melelapkan diri sekitar 5-10 menit, tapi ingat jangan sampai kebablasan.

Menurut penelitian, tidur siang bisa meningkatkan produktivitas dan juga membuat kamu lebih fokus. Oleh karena itu, tak ada salahnya melelapkan mata sejenak kala melakukan ibadah puasa selama Ramadan.

2. Hindari Dehidrasi

Dehidrasi adalah kendala yang mungkin menyerang saat berpuasa. Sebab sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, upayakan untuk minum air sebanyak-banyaknya ketika sahur dan setelah berbuka. Hal ini akan mencegah tubuh kekurangan cairan.

3. Kurangi Bicara

Ngobrol-ngobrol ringan memang menyenangkan untuk menghabiskan waktu dan menantikan waktu berbuka. Namun hal ini juga menyita banyak energi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari banyak ngobrol ketika berpuasa. Jika memang benar-benar mendesak, manfaatkan fasilitas chatting via PC atau smartphone.

Jika memang butuh sesuatu untuk melepas stress, luangkan waktu beberapa menit untuk melihat video lucu di Internet. Tertawa bisa menjadi mood booster efektif sekaligus meningkatkan energi.

4. Hindari Lembur

Selama bulan puasa, upayakan pekerjaan bisa selesai lebih cepat dan hindari lembur. Bekerja melebihi jam kantor akan sangat menyita energi dan membuat kita berisiko melewatkan waktu sahur. Jadi, upayakan untuk menambah produktivitas di jam-jam kerja.

5. Terus Bersabar

Selain menahan rasa haus dan lapar, selama Ramadan umat Islam juga dituntut menjaga emosi. Oleh karena itu kita harus terus bersabar selama berada di kantor. Upayakan untuk tidak mengumbar amarah karena hal tersebut juga bisa membuang-buang energi kamu, loh.

6. Tidur Cukup

Meskipun sedang memasuki bulan Ramadan, tidur di kantor tetap saja tindakan yang tak bisa ditolerir. Upayakan untuk tidur cukup selama berada di rumah. Kamu bisa tidur selama 15 menit atau setengah jam setelah sholat subuh agar tidak merasa ngantuk ketika berada di kantor.

7. Buka Puasa Bersama

Adakan acara buka puasa bersama teman-teman sekantor. Hal ini akan membuat kamu semakin bersemangat menyelesaikan pekerjaan, karena tak sabar ingin segera berkumpul dan menikmati hidangan buka bersama rekan-rekan. Lebih baik lagi jika mengundang para pimpinan, agar antara atasan dan bawahan semakin akrab.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa orang yang aktif berhubungan dengan rekan-rekan dan teman kerja bakal lebih produktif ketika berada di kantor. Oleh karena itu, menjaga interaksi dengan kolega juga sangat penting.

6. Berolahraga

Mentang-mentang bulan puasa bukan berarti kamu meninggalkan olahraga, loh. Tetap latihan fisik dengan mengatur waktu olahraga. Disarankan kamu berolahraga 30-60 menit sebelum berbuka puasa atau 60 menit setelah berbuka puasa. Pilih olahraga ringan, seperti jogging, treadmill, atau sepeda statis. Pastikan juga cari tempat yang sejuk biar kamu nggak mengeluarkan keringat berlebih.

7. Jam Kerja Diubah

Puasa sembari bekerja tentunya bukan hal mudah. Untungnya, kantor-kantor Indonesia banyak yang bersikap toleran dengan mengubah jam kerja. Selama Ramadan, karyawan biasanya diperbolehkan datang sedikit lebih siang dan pulang lebih awal.

Tentunya hal ini semakin memudahkan bagi mereka yang sedang berpuasa. Sementara bagi non-muslim, jam kerja lebih pendek tentu memberikan keuntungan yang menyenangkan.

Mungkin Kamu Juga Suka

Tidak Ada Komentar

    Tinggalkan Balasan